Ikuti Informasi Terbaru Lewat Media Sosial


Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Kurikulum

D. Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Kurikulum

Baca bagian lain dari artikel ini:
  1. Kurikulum Nasional (Pendahuluan)
  2. Pengertian Kurikulum Nasional (Pembahasan I)
  3. Perubahan Kurikulum Nasional (Pembahasan II)
  4. Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Kurikulum (Penutup)
  5. Baca juga Pengertian & Aspek Penilaian Kurikulum 2013
  6. Baca juga Pengembangan Kurikulum Nasional dan Muatan Lokal
Salah satu prinsip dalam pengembangan kurikulum adalah relevansi, dimana sebuah kurikulum harus relevansi terhadap keberadaan kurikulum itu sendiri dan pada tujuan, isi, dan proses belajar dengan tuntutan, kebutuhan, dan perkembangan masyarakat. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan kurikulum terus akan bersenergi searah perkembnagan hidup manusia.

1) Dalam hal ini ada beberapa faktor yang mengaruhi perubahan sebuah kurikulum. tantangan masa depan diantaranya meliputi arus globalisasi, masalah lingkungan hidup, kemajuan teknologi informasi, konvergensi ilmu dan teknologi, dan ekonomi berbasis pengetahuan.

2) kompetensi masa depan yang antaranya meliputi kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir jernih dan kritis, kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan, kemampuan menjadi warga negara yang efektif, dan kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda.

3) fenomena sosial yang mengemuka seperti perkelahian pelajar, narkoba, korupsi, plagiarisme, kecurangan dalam berbagai jenis ujian, dan gejolak sosial.

4) persepsi publik yang menilai pendidikan selama ini terlalu menitikberatkan pada aspek kognitif, beban siswa yang terlalu berat, dan kurang bermuatan karakter.


BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Kurikulum dalam pengertian Suryosubroto dalam dalam buku Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan, ialah segala pengalaman pendidikan yang diberikan oleh sekolah maupun diluar sekolah. Titik fokus suatu pembelajaran tercantum dalam sebuah kurikulum. Dengan demikian kurikulum harus bersinergi searah dengan perkembangan hidup manusia yang tidak bisa lepas pada sebuah pendidikan. Pada masa awal kemerdekaan rancangan kurikulum yang ditawarkan untuk menyejajar bangsa indonesia dengan banagsa-bangsa lain, tujuan utama untuk mengejar ketertinggalan.

Pada era selanjutnya, kurikulum mengalami perubahan haluan. Dari perubahan satu dengan yang lainya merupakan umpan terhadap perkebangan cara pikir penduduk indonesia. Pada hakikatnya dinamika kurikulum yang sampai 2006 mengalami perubahan sembilan kali, merupakan pengembangan dan penyempurnaan terhadap keberlangsungan kurikulum itu sendiri. Muhammad Nuh, dinas kependidikan dan kenudayaan mengatakan untuk kurikulum 2013 merupakan kelanjutan/penyempurnaan terhadap kurikulum 2004; KBK. Hingga akhirnya, meskipun masih dalam tahap evaluasi, dikabarkan bahwa kurikulum 2013 ini akan berubah nama menjadi kurikulum nasional.


B. Saran-tanggapan

Kami akui dalam penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, disana-sini terdapat kesalahan yang disengaja atau tidak, hal yang demikiuan merupakan batas kemampuan kami. Oleh karena itu, kami mengharap saran-tanggapan kepada seluruh pembaca yang budiman, terutama pada Bapak H. Moh. Husnan A. Nafi’, S. Ag., M.Pd sebagai pengampu materi Politik dan Etika Pendidikan Isalam di Institut ilmu Keislaman Annuqayah (Instika) Guluk- Guluk Sumenep Madura


DAFTAR PUSTAKA

Umiarso, imam gojali. Manajemen Mutu Sekolah Diera Otonomi Pendidikan ,jogjakarta: IRCiSoD, 2010

Dr. Hj, Binti Maunah, M.Pd.I, pengembangan kurikulum berbasis kompetensi, Implementasi pada tingkat pendidikan (SD/MI) Yogyakarta: teras, 2009

Dr. Dede Royada paradikma pendidikan demokmatis. Sebuah model pelibatan masyarakat dalam penyelenggarakan pendidikan , Jakarta, paramadina media 2004

Dr. Mulyasa. Kurikulum tingkat satuan pendidikan (bandung , PT. Remaja Rosda . cet. 3)

http://belajarpkn-yuk.blogspot.com/2011/10/sejarah-kurikulum-nasional-indonesia.html. akses 01/04/2013

http://kakyoh.wordpress.com/2008/11/04/prosedur-pengembangan-sistem-instruksional-ppsi

http://edukasi.kompasiana.com/2011/01/12/perumusan-tujuan-instruksional-khusus

http://alvyanto.blogspot.com/2010/04/perkembangan-kurikulum-indonesia-dari.html akses 30 Maret 2013.

http://alvyanto.blogspot.com/2010/04/perkembangan-kurikulum-indonesia-dari.html

http://www.beritakaget.com/berita/2888/kurikulum-baru-pangkas-jumlah-mata-pelajaran.html

http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/uji-publik-kurikulum-2013-4

http://id.berita.yahoo.com/mendikbud-janji-jelaskan-anggaran-kurikulum-2013-061631047.html

http://www.artikelbagus.com/2011/08/pendekatan-pembelajaran-cbsa-cara-belajar-siswa-aktif.html akses 27 Maret 2016

Bagikan ke Teman Anda

Back To Top