Ikuti Informasi Terbaru Lewat Media Sosial


Pengembangan Kurikulum Nasional & Muatan Lokal (PENUTUP)

BAB III PENUTUP
I. Kesimpulan

Dari pembahasan yang telah dijabarkan sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sistem pendidikan, sebab dalam kurikulum bukan hanya dirumuskan tentang tujuan yang harus dicapai sehingga memperjelas arah pendidikan, akan tetapi juga memberikan pemahaman tentang pengalaman belajar yang harus dimiliki siswa. Oleh karena begitu pentingnya fungsi dan peran kurikulum, maka setiap pengembangan kurikulum nasional pada jenjang manapun harus didasarkan pada asas-asas tertentu.

Kurikulum yang mangacu pada karakteristik peserta didik, perkembangan ilmu dan teknologi pada zamannya juga mengacu kepada kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Penyusunan kurikulum atas dasar acuan keadaan masyarakat tersebut disebut “Kurikulum Muatan Lokal“. Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada, puskur (2006).

II. Saran

Setelah dipertimbangkan bahwa pengembangan kurikulum dan muatan lokal sangat berpengaruh dalam pengembangan peserta didik juga, yang mana bahwa dalam pengembangan kurikulum dan muatan lokal jika dapat berjalan dengan baik dan sukses maka akan menghasilkan peserta didik yang berkualitas pula. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum dan muatan lokal perlu mendapat perhatian khusus dan pertimbangan secara matang untuk kesiapan pendidikan nasional yang mengarah ke depan.

SUMBER BACAAN
  • http://my.opera.com/dhaniklopedia/blog/2010/06/11/makalah-landasan-pengembangan-kurikulum
  • http://skripsisolusi.wordpress.com/2009/12/05/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-pengembangan-kurikulum/
  • http://www.slideshare.net/inset98/manajemen-pengembangan-kurikulum
  • http://retnimath.wordpress.com/2009/01/30/pengembangan-mata-pelajaran-muatan-lokal-dalam-ktsp-berwawasan-multikultural/
  • http://lpmpbabel.penjaminanmutu.web.id/index.php?option=com_content&view=article&id=12:workshop-penyusunan-instrumen-pengembangan-muatan-lokal&catid=5&Itemid=14
  • http://bandono.web.id/files/Juknis%20Pengembangan%20Muatan%20Lokal.pdf

Bagikan ke Teman Anda

Back To Top